Minggu, 17 Mei 2015

TANDA BAPTISAN ROH KUDUSll

BaptisanRoh Kudus adalah pengalaman  setelah kelahiran baru.   ke dua belas  murid murid yang ada di Efesus, adalah orang orangyang sudah dimuridkan dan menjadi pengikut Kristus.  Ketika  Paulus bertanya kepada mereka :" sudah kah kamu menerima Roh Kudus ketika kamu menjadi percaya ..?"  Mereka menjawab:" Belum, bahkan kami belum pernah mendengar , bahwa ada Roh Kudus."  Ketika Paulus menu pangkan tangan keatas mereka, turunlah Roh Kudus keatas mereka, da mulaiah mereka berkata kata dalambahasa Roh.

Ada dua ksimpulan tentang baptisan  Roh Kudus melalui kisah ini yaitu :
1) Baptisan Roh Kudus Terjadi setelah kelahiran baru
2) Tanda  awal secara fisik yang dapat dilihat adalah "berkata kata dalam  bahasa Roh"

Ada tiga peristiwa yang mencatat kisah baptisan Roh kudus dengan tanda awal berbicara dalam bahasa Roh yaitu:
1) Di Yerusalem (KPR 2)
  Dikota ini baptisan Roh Kudus didahului oleh "tiupan agin keras"  dan " lidah lidah
seperti nyala api"  Kedua tanda tersebut bukan tanda Baptisan Roh Kudus, tetapi tanda yang mendahuluinya.  Dan kedua tanda ini tidak diulang  pada kisah baptisan Roh Kudus ditempat lainnya.
2) Di Kaesarea, didalam keluarga Kornelius  ( KPR 10)
3) Di kota Efesus  (KPR 19)





1 komentar:

  1. Shalom untuk semua saudara seiman dalam Kristus dimana pun berada. Mari kita sama-sama belajar tentang Shema Yisrael yang pernah diucapkan oleh Yeshua ( nama Ibrani Yesus tertulis ישוע ) seperti yang dapat kita temukan dalam Markus 12 : 29 dan Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 sebagai berikut :

    Huruf Ibrani, " שמע ישראל יהוה אלהינו יהוה אחד "

    Pengucapannya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani, " Shema Yisrael YHWH ( Adonai ) Eloheinu YHWH ( Adonai ) ekhad "

    Orang Yahudi pada jaman Yeshua hingga sekarang terus memegang teguh prinsip keesaan Tuhan YHWH ( Adonai ) yang tersirat dalam kalimat Shema. Pada akhir pengucapan diikuti juga dengan kalimat berkat sebagai berikut :

    " ברוך שם כבוד מלכותו לעולם ועד " ( Barukh Shem, kevod malkuto le'olam va'ed, artinya diberkatilah nama yang mulia kerajaanNya untuk selamanya dan kekal )
    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜🕯️🕍🤴🏻👑🇮🇱🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🐏🐑🐐🐂🐎🦌🐪🐫🦁🦅🕊️🐍₪

    BalasHapus